Sejarah Singkat Balikpapan

26 Nov

Kilang Minyak Balikpapan tempo Doeloe

Sudah hampir dua minggu saya stay di salah satu hotel diBalikpapan sebagai stand by paramedic untuk kegiatan PT. ENI Indonesia yang sedang melakukan kegiatan drilling di perairan sekitar Balikpapan.

sebagai mana kita tahu Balikpapan ini juga di kenal sebagai kota minyak, karena memang di kota ini banyak perusahaan minyak yang masuk untuk mengeksploitasi kekayaan minyak yang terdapat di kota ini. tapi dalam postingan ini saya akan coba menceritakan sejarah singkat dari kota Balikpapan ini.

Sebelum dikenal sebagai Kota Minyak, Balikpapan adalah sebuah perkampungan nelayan. Kata Balikpapan secara harafiah berasal dari kata balik dan papan. Balik berarti terbalik atau datang kembali dan papan yang berarti lembaran kayu. Nama Balikpapan diambil dari beberapa cerita rakyat, salah satunya bercerita tentang seorang raja setempat yang membuang anak perempuannya yang baru lahir ke laut. Hal tersebut dilakukannya untuk melindungi sang putri dari lawan-lawannya. Putri tersebut kemudian diikat ke beberapa papan dalam posisi berbaring. Karena ombak yang besar, papan tersebut terbalik dan diketemukan oleh seorang nelayan. Oleh karena itu, tempat di mana putri tersebut diketemukan disebut Balikpapan.

Cerita rakyat lain menceritakan tentang permintaan Sultan Kutai akan seribu papan sebagai sumbangan untuk membangun Istana Kesultanan Kutai yang baru. Dari seribu papan yang dikirim melalui jalur perairan, sepuluh papan kembali lagi ke kota ini. Sepuluh papan yang kembali disebut oleh orang Kutai sebagai “Balikpapan Tu” atau papan yang datang kembali.

Pada tahun 1897, sebuah perusahaan kilang minyak memulai pengeboran perdananya di kota ini. Sejak saat itu sumber-sumber minyak baru diketemukan di sekitar kota ini. Oleh karena itu kota ini dikenal sebagai Kota Minyak atau Banua Patra. Pembangunan jalan, pelabuhan, gudang, kantor, dan kompleks perumahan dimulai ketika sebuah perusahaan minyak Belanda tiba di tempat ini.

Selama Perang Dunia II, Balikpapan dikuasi oleh tentara Jepang. Pasukan Sekutu akhirnya membombardir Balikpapan untuk mengalahkan Jepang pada 24 Januari 1942. Hal ini mengakibatkan kerusakan kilang minyak dan fasilitas lainnya di Balikpapan. Kerusakan yang sangat besar pada masa perang dan hampir menghilangkan seluruh fasilitas produksi minyak akhirnya diperbaiki oleh Perusahaan Royal Shell Belanda. Shell terus beroperasi di tempat tersebut hingga perusahaan milik pemerintah Indonesia, Pertamina, mengambil alihnya pada tahun 1965.

Menjadi satu-satunya kilang minyak di kalimantan, Balikpapan berkembang sebagai pusat revitalisasi produksi minyak bumi. Pertamina membuka kantor cabang di tempat ini, diikuti oleh perusahaan-perusahaan minyak internasional, yang mengundang ratusan pekerja dari banyak tempat di Indonesia dan luar negeri.

Hari Lahir Balikpapan kemudian ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Hari tersebut adalah hari pertama pengeboran minyak yang dilakukan oleh Mathilda Corporation sebagai realisasi kerjasama antara JH Menten dan Mr Adams dari Samuel & Co Firm.

Sumber :http://balikpapanbox.com/featured/sejarah-singkat-balikpapan/

3 Responses to “Sejarah Singkat Balikpapan”

  1. dien November 26, 2010 at 11:08 am #

    hari lahir = hari pengeboran minyak pertama? wkwkwk…

  2. methagimunt November 26, 2010 at 11:52 am #

    Hmmm, gw baru tau kalo balikpapan di sebut kota minyak,yang gw tau itu riau,hehehe.. Thx for sharing..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Taman Bekapai Balikpapan « IbnuRrasyid - November 26, 2010

    […] setelah saya posting tentang Sejarah Singkat Balikpapan,  kali ini saya mau share cerita tentang tempat yang baru saja saya kunjungi yang menjadi tempat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: