Harness Hang Syndrome a.k.a Suspension Injury

25 Nov

Teman-teman yang bekerja di site, baik itu mining ataupun oil and gas, sudah pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya “body harness” yang merupakan Fall Protector Device yang digunakan pada saat bekerja di ketinggian atau bahasa kerennya working at height. Tapi mungkin banyak diantara kita yang belum aware dengan bahaya yang mungkin di timbulkan dengan penggunaan Body harness tadi pada saat kita terjatuh dan tubuh kita tergantung di harness itu.

Harness hang Syndrome atau Suspension Injury, itulah nama injury yang mungkin menimpa pada orang yang terjatuh dan tergantung di harness. Saya rasa kita semua harus tahu dengan injury ini, karenan penanganan dari injury ini berbeda dengan  penangana injury pada umumnya.

Apa Sich harness Hang Syndrome itu?

Suatu dampak medis yang di akibatkan oleh tidak adanya pergerakan tubuh yang berada dalam posisi vertical pada saat korban tergantung di harness, di perparah lagi dengan terjepitnya salah satu pembuuh darah besar oleh strap harness di daerah femoral atau pangkal  paha.

Daya gravitasi akan menarik darah sehingga berkumpul di daerah ektremitas bawah (dibaca : kaki). Dengan  berkumpulnya derah di daerah kaki mengakibatkan sirkulasi derah ke daerah lain dari tubuh kita terutama otak akan berkurang.

Ancaman kematian dapat segera timbul akibat adanya pergerakan yang terbatas dalam posisi vertical, periode serangan dari injury ini sangat cepat dan tidak dapat di ramalkan.

Siapa aja yang beresiko terkena harness hang syndrome ?

Orang-orang yang menggunakan harness dalam pekerjaannya seperti pekeja yang bekerja di ketinggian, pemanjat tebing, pekerja di ruang terbatas (confined space worker), penerjun payung, pemain sirkus dan juga stuntman menjadi sangat riskan untuk terkena Hang harness Syndrome.

Apa Tanda dan Gejalanya?

  • Tanda-tanda awal : pusing, keringat dingin, nadi meningkat, pernafasan meningkat dan tanda-tanda awal shock lainnya.
  • Denyut nadi dan tekanan darah tiba-tiba menurun
  • Kehilanga kesadaran
  • Jika tidak segera di beri pertolongan, akan timbul kematian akibat dari tersumbatnya jalan nafas dan terhentinya sirkulasi darah ke otak.

Berapa lama waktu yang kita miliki?

Sulit untuk menentukan waktu kemungkinan kemtaian korban, dalam penelitian dinyatakan bahwa kematian dapat timbul dalam waktu 10 menit, atau rata-rata 15-40 menit setelah suspension injury terjadi, kematian akan lebih ceat jika di sertai injury atau cidera yang lain.

Factor-faktor lain yang memperbukruk keadaan adalah : ketidakmampua kaki untuk bergerak, rasa sakit, cidera pada saat jatuh, kelelahan, kekurangan cairan, hypotermi, shock, gagngguan pembuluh darah jantung, gangguan pernafasan, kehilangan darah, stress dan panic.

Apa Yang harus dilakukan sebelum menolong korban ?

Jangan tergesa-gesa sebelum menolong korban dengan injury ini, karena ada hal-hal yang perlu di perhatikan, seperti darah yang terjebak di kaki adalah kondisi yang berbahaya, dan dapat menyebabkan kematian jika tiba-tiba darah tersebut mengalir tiba-tiba ke otak. Kondisi tersebut di namakan “reflow syndrome”, secara medis keadaan ini  sangat kompleks sehingg kita tidak bbisa mngontrol kapan injury ini timbul dan korban akan meninggal. Untungnya kita dapat mencegah injury ini dengan penanganan yang sangat hati-hati.

Pertolongan Korban Oleh First Aider

  • Jika memungkinkan menolong diri sendiri, atau penolong belum datang, “korban” dapat melakukan “pemompaan” pada kaki secara teratur dengan mengaktifkan otot kaki (menggerakan kaki) untuk mengurangi potensi penumpukan darah di vena.
  • Korban harus meninggikan posisi lutut (posisi duduk) jika tidak segera mendapat bantuan.
  • First aider harus monitor terus menerus terhadap tanda dan gejala pada “korban” dan harus memberi bantuan pada 10 menit pertama
  • Pada saat First aider meberi bantuan, jangan membaringkan korban di lantai atau steretcher, karena seperti sudah di sampaikan sebelumnya jika korban langsung di baringkan akan terjadi “reflow Syndrome” sehingga aka nada aliran yang tiba-tiba ke otak dan jantung dan bisa mengakibatkan kematian pada korban
  • Posisi kan korban dalam posisi duduk selama kurang lebih 30 menit.
  • Jika korban tidak sadar, jaga jalan nafas dan berikan bantuan jika di butuhkan.
  • Pantau perkembangan korban setelah di beri bantuan dan segera minta bantuan terhadap tenaga medis yang ada
  • Jangan beri apapun dulu lewat mulut seperti makan, minum dan obat-obatan

Oke teman-teman, itu dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua . sampai ketemu lagi dengan postingan saya berikutnya……..

4 Responses to “Harness Hang Syndrome a.k.a Suspension Injury”

  1. Denny November 25, 2010 at 11:55 am #

    Good Job Bro…

  2. Budi Hermawan November 25, 2010 at 7:05 pm #

    give more article and pic about your journey bro!!
    ditunggu!!

  3. Harry Hoerip September 18, 2013 at 9:45 pm #

    Mohon info pak, bagaimanakah cara yg paling tepat utk melakukan CPR pada korban Suspension Injury yg baru saja diturunkan..?
    mwngingat posisi korban harus tetap dalam posisi duduk selama 30 menit…

    Bolehkah bila salah satu penolong diposisikan memunggungi korban kemudian korban disandarkan ke punggung penolong tsb (punggung salah satu penolong sebagai sandaran) lalu CPR dilakukan dari depan korban oleh penolong yg lain..?

    • uusibnurasyid January 25, 2014 at 8:08 am #

      terima kasih sudah berkunjung, maaf response saya telat. dalam kasus ini, kalau pasien menjadi tidak sadar, tidak ada nafas dan nadi dan membutuhkan CPR, segera baringkan korban dan lakukan CPR. posisi duduk dilakukan kalau pasien masih bernafas, untuk mencegah terjadinya reflow darah yang mendadak ke jantung. terma kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: