Cara menghitung “Duration of Flow” Oxygen Cylinder

24 Nov

Contoh beberapa Cylinder Oxygen

Bro and Sist……..

Menyambung postingan saya sebelumnya mengenai Kapasitas Maksimal oxygen Cylinder, sekarang saya mau share tentang bagai cara ngitung durasi maksimal dari setiap satu cylinder itu dalam men-supply oxygen ke pasien kita,  saya yakin teman-teman juga sudah tau mengenai perhitungan ini, tapi  kita sering lupa juga mengenai perhitungan apalagi di saat emergency evacuation yang mana di saat itu kita membutuhkan perhitungan ini untuk menentukan berapa cylinder yang akan kita butuhkan dan akan kita bawa dalam perjalan selama perjalanan evakuasi pasien dari site kita samapai Hospital tempat dimana kita akan merujuk pasien tersebut.

Oke…..untuk menghitung hal yang saya sebutin diatas tadi, ada beberapa variable yang yang manjadi faktor dalam perhitungannya, diantaranya adalah berapa jumlah psi yang terbaca di gauge pressure, Safe Residual Pressure, Konstanta dan jumlah oxygen yang kita berikan per menitnya (dalam liter).

Yang pertama ingin saya sampaikan adalah (karena terus terang saya baru aware tentang ini) SAFE RESIDUAL PRESSURE atau Batas Aman Tekanan Sisa Oxygen dalam setiap Cylinder yang mana batas amannya itu adalah apabila dalam Pessure Gauge menunjukan angka 200 psi artinya apa…….sebelum menunjukan angka dibawah ini kita harus mengganti cylinder kita dengan cylinder lain yang masih penuh jangan menunggu sampai “0 psi” untuk ganti tabung, karena dengan pressure dibawah 200 psi, Oxygen yang kita berikan ke pasien akan jadi tidak maksimal selain bisa mengakibatkan keruskan yang permanen pada cylinder-nya itu sendiri.

Selanjutnya hal yang menjadi faktor dalam perhitungan ini adalah konstanta atau tetapan untuk setiap Cylinder yang mau kita hitung Duration of Flow-nya, saya tidak tahu konstanta ini dari mana asalnya tapi dari sumber yang saya baca konstanta untuk setiap Cylinder adalah sebagai berikut :

# Cylinder D : 0.16

# Cylinder E : 0.28

# Cylinder M :1.56

# Cylinder G : 2.41

# Cylinder H : 3.14

# Cylinder K : 3.14

Untuk faktor-faktor lain seperti jumlah psi yang terbaca di gauge pressure dan jumlah oxygen yang kita berikan per menitnya saya rasa sudah cukup jelas dan tidak harus di jelaskan panjang lebar lagi, dan langsung aja kita ke perhitungannya yang mana rumusnya adalah sebagai berikut :

Duration of Flow (dalam menit) : (Jumlah psi yang terbaca di gauge Pressure – Safe Residual Pressure (200 psi)) X konstanta (tergantung cylinder oxygen yang digunakan), dan hasinya di bagi dengan jumlah oxygen yang kita berikan (dalam liter) per menitnya.

Contoh :

Tentukan berapa lama “Duration of Flow” dari satu Cylinder Oxygen tipe D dimana pressure gauge menunjukan angka 2000 psi dan jumlah oxygen yang di berikan adalah 10 liter per menit !!

Maka perhitungannya adalah( (2000 – 200) X 0.16)/10 = (1800 X 0.16) / 10 = 288/10 = 28.8 menit

dari perhitungan diatas bisa kita lihat bahwa Cylinder oxygen Type D yang terisi full dengan pemberian oxygen 10 liter per menit hanya bisa supply oxygen selam kurang lebih 28 menit (kurang dari setengah jam) sehingga kita bisa menyiapkan berapa tabung yang akan kita bawa pada saat evakuasi berdasarkan perkiraan berapa lama waktu yang akan kita tempuh dalam perjalan evakuasi itu.

Biar gak lebih panjang lebar lagi saya cukupkan dulu postingan saya hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi saya khususnya dan teman-teman semua yang merasa membutuhkannya.

Sumber : 10th Edition Brady Emergency Care , page 157-158, coba di rangkum dan di terjemahkan oleh penulis tanpa bantuan transtool atau Google translator, sehingga kalau ada kesalahan bahasa dan konten dari artikel ini mohon koreksi dari my bro and sist semua

9 Responses to “Cara menghitung “Duration of Flow” Oxygen Cylinder”

  1. andi sujito November 24, 2010 at 4:27 pm #

    terima kasih banyak infonya bro, saya yakin bermanfaat untuk kita remote site paramedic.
    menanggapi dari mana asalnya konstanta2 diatas, saya jadi ingat penjelasan dari trainer kita di SOS bahwa angka itu diperoleh dari hasil bagi kapasitas maksimal cylinder dengan pressure full dari cylinder yang biasanya antara 2000 s/d 2200 psi. kita ambil contoh Cylinder D yang konstantanya menurut Brady adalah 0.16 setelah saya hitung menggunakan rumus diatas: konstanta = ∑kapasitas maksimal/(pressure full), “pressure inilah yang kita cari untuk menentukan berapakah pressure full cylinder yang digunakan Brady untuk menentukan konstanta” maka 0.16 = 350/full pressure, hasilnya full pressure= 350/0.16 (perkalian silang) hasilnya 2187.5 psi. angka terakhir inilah yang dijadikan pembagi untuk menentukan konstanta. coba kita ambil contoh kembali; misalnya Cylinder G yang konstantanya 2.41. angka ini didapat dari 5300/2187.5 = 2.4225 dibulatkan 2 desimal menjadi 2.41. semoga bermanfaat, mohon maaf klo penjelasannya bertele2 n tidak sistematis. kalo ada kesalahan dalam comment saya mohon koreksi dari teman2. terima kasih.

    • uusibnurasyid November 24, 2010 at 5:15 pm #

      Thanx bro andi sudah menyempatkan berkunjung dan komen di blog saya ini. mengenai konstannta, betul sekali bro, ternyata anngka itu di dapat dari “Kapasitas maksimal tabung (dalam liter)” di bagi “maksimal pressure tabung (2200 psi)”.

  2. quivedo,MD November 24, 2010 at 5:37 pm #

    Mantab nih bro Uus…. bagus utk penyegaran ilmu.. Ditunggu share yang lain nya….

  3. Dewi Priliana November 26, 2010 at 4:28 pm #

    Manthabs Uus…btw kalo oksigen di Indonesia, klo ga salah maksimum psi 2000? ga ada yang 2200, tapi klo rumus si udah bener Uus…semoga bermanfaat untuk temans semua….keep on movin’….

  4. karina sinulingga February 22, 2011 at 2:59 pm #

    sangat bermanfaat sekali bro🙂
    thanks a lot

  5. cecepabo August 11, 2011 at 9:52 am #

    hatur nuhun gan, kapake euy!! hehehe…

  6. mantrisuntik April 11, 2012 at 7:20 pm #

    Its very useful info…ijin share..

  7. mantrisuntik April 11, 2012 at 7:21 pm #

    Its very useful information!
    Keep writing for better future of nursing and medical field.

  8. agus April 11, 2013 at 9:20 pm #

    makasih mas bro…sangat bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: